Jumat, 27 Juni 2014

Tugas 9 Manusia dan Tanggung Jawab

      Tanggung Jawab adalah kesadaran manusia akan perbuatan yang dilakukannya baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. seseorang ingin bertanggung jawab karena ada kesadaran akan perilaku atau perbuatannya diatas kepentingan orang lain.
     Tanggung jawab merupakan ciri orang yang memiliki adab (berbudaya). Manusia memiliki rasa bertanggung jawab karena menyadari akan perbuatannya entah itu baik atau buruk. Tanggung jawab iMu juga merupakan suatu beban yang harus dipenuhi sebagai akibat perbuatan yang tidak baik ke pihak lain. Kewajiban itu ditujukan untuk kebaikan sendiri atau pihak lain, keselarasan antara hubungan manusia dan lingkungan, antara manusia dengan Tuhan dapat terjaga dengan baik.

Macam-macam Tanggung Jawab :
- Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Menuntut kesadaran setiap manusia untuk memunhi kewajibannya dalam mengembangkan kepribadiannya.   sehingga dengan demikian dapat menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri sesuai dengan cara ia sendiri, karena setiap manusia memiliki pendapat, perasaan, dan angan-angan tersendiri.

- Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga merupakan komponen masyarakat kecil. Setiap anggota keluarga wajib untuk bertanggung jawab pada keluarganya. Anggota keluarga saling membantu dalam keadaan susah, mengurus dalam keadaan sakit maupun keadaan sudah tua. Tanggung jawab kepad keluarga bukan hanya menjaga nama baik keluarga, tetapi bertanggung jawab juga akan kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, dan kehidupan.

- Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Manusia tidak dapat hidup sendiri karena pada hakekatnya manusia adalah sebagai makhluk sosial. Manusia membutuhkan manusia lain, maka ia harus berinteraksi dengan manusia lain tersebut. Dengan begitu manusia memilik tanggung jawab untuk menjaga hubungan antar sesama dalam bermasyarakat.

- Tanggung Jawab Terhadap Bangsa
Pendidikan merupakan suatu tanggung jawab manusia sebagai warga negara. karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi negara. jika seorang manusia sudah melewati pendidikan dari tingkat awal sampai ke level ahli, maka ia sudah terbentuk karakter yang baik. Sehingga nantinya diharapkan negara dapat memiliki SDM yang baik untuk mengolah kekayaan alamnya. Perkembangan ekonomi akan tercapai bila memiliki kualitas SDM yang beretika, bermoral dan memiliki rasa tanggung jawab.

- Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Manusia diciptak oleh Tuhan, maka dari itu kita sebagai Hambanya harus patuh terhadap setiap peintah-Nya. sebagai manusia yang bertanggung jawab harus menjalaninya dan segala perbuatan yang dilakukan didunia harus dapat dipertanggung jawabkan nanti di dunia maupun di akhirat.


Pengabdian dan Pengorbanan

      Pengabdian dan pengorbanan merupakan tindakan yang baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang menunjukkan kesetiaan, kasih sayang adapun rasa keterikatan yang dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian juga dapat diartikan dengan tanggung jawab. Sebagai contoh manusia adalah ciptaan Tuhan, karena manusia adalah ciptaanNya maka manusia harus mengabdi terhadap apa yang diperintah oleh Tuhan yang merupakan perwujudan tanggung jawab kepada Tuhan.
       Pengorbanan asal kata dari 'kurban' yaitu yang berarti persembahan, sehingga dapat juga memiliki arti berbakti. Berbakti merupakan kesadaran moral yang tulus tanpa mengharapakan apapun. Dengan adanya pengabdian maka ada pengorbanan yang dilakukan. Namun pengorbanan lebih berarti dari pengabdian, karena pengorbanan dilakukan dari hati yang ikhlas dan rela melakukan apapun untuk menunjukkan baktinya kepada pihak lain, tetapi pengabdian hanya dilakukan semata-mata untuk patuh terhadap pihak lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar